Minggu, 15 Februari 2015

ANJING BORDER COLLIE
~anjing pintar,cerdas dan super aktif~
anjing ini termasuk anjing terpintar di dunia. mau tau banyak tentang anjing ini cakedot >>>


Border Collie Berasal dari Inggris, Sejak dahulu Border Collie  diakui seluruh dunia sebagai  jenis /trah anjing yang paling cerdas, pekerja keras, stamina yang mengagumkan sepanjang sejarah sebagai anjing penggembala, saat ini Border Collie juga dijadikan  teman bermain dirumah, untuk kompetisi gembala ternak, maupun untuk dogsport, terutama agility dogsport.

Naluri alaminya untuk menggiring domba  dan memiliki intelijensi yang tak tertandingi sehingga sangat mudah dilatih. Sifat Border Collie adalah jenis anjing yang berenergi tinggi, suka bekerja, bermain dan merupakan jenis anjing yang suka belajar hal-hal baru, penjaga yang handal.

Border Collie merupakan jenis anjing pekerja yang tidak pernah letih dan bosan melakukan tugasnya. Anjing ini sangat setia pada tuannya.

Fungsi
Sebagai anjing gembala, anjing keluarga, anjing kompetisi (agility) ketangkasan, anjing atraksi (rekor trah ini bisa menguasai diatas 1000 perintah), anjing penangkap piringan (Frisbee)

Perawatan dan pemeliharaan
Pemilik dari Border Collie harus mampu memberikan banyak latihan dan aktivitas. Anjing ini membutuhkan pekerjaan. Border Collie  membutuhkan banyak aktivitas fisik dan mental setiap hari untuk memenuhi penyaluran tenaganya untuk bekerja  dan perkembangan intelijensinya. Border Collie dapat hidup di luar ruangan di tempat yang beriklim dingin, tapi juga suka menikmati berada bersama keluarganya di dalam rumah juga. Anjing ini juga cocok untuk teman anak-anak bermain, sangat mudah dilatih, para pelatih dunia menyebut mereka sebagai Einsteinnya di anjing.

KARAKTERISTIK:
Border Collie sangat cerdas, dengan kecenderungan naluri untuk bekerja dan sangat responsif terhadap pelatihan. Ekspresinya  yang Tajam, waspada dan sangat bersemangat menambah penampilannya semakin terlihat cerdas, tampilannya memenuhi Setiap aspek, struktur dan temperamen memenuhi syarat anjing kerja.

PENAMPILAN UMUM:
Penampilan umum anjing harus  proporsional, menunjukkan kualitas, keanggunan dan keseimbangan sempurna, dikombinasikan dengan substansi yang cukup untuk memastikan bahwa ia mampu bertahan lama dari aktivitas dalam tugasnya sebagai anjing pekerja.

Kepala:
Tengkorak yang luas dan datar di antara telinga, sedikit menyempit  ke bagian mata  tapi tidak menonjol. Moncong yang  meruncing ke hidung, kuat dan memiliki panjang yang sama seperti tengkorak. Bibir yang rapat, bersih dan hidung besar dengan lubang hidung terbuka. Warna hidung pada semua anjing akan menjadi warna solid tanpa pigmen merah muda atau cahaya, dan sama dengan warna dasar dari anjing.

Mata :
Mata berbentuk oval dengan warna sesuai warna bulu namun warna gelap lebih baik, kecuali untuk warna cokelat dimana warna mata yang lebih terang diperbolehkan dan untuk kasus Merle, mata berwarna biru diperbolehkan, ekspresi mata lembut, waspada dan terlihat pintar.

Telinga :
Telinga Border Collie berukuran sedang dan bertekstur, letaknya sejajar , ada yang tegak dan ada yang sedikit berdiri  dan tertutupi dengan bulu.

Mulut :
Gigi harus kuat, proporsional, bagian bawah dibelakang bagian atas pada saat tertutup, disebut Scissor bite (menggunting).

Leher :
Leher harus terlihat kuat ,panjang proporsional dan maskulin, berkulit kencang hingga bahu tanpa gelambir.

Badan bagian Depan :
Bahu dan lengan atas sama panjangnya, tinggi pada siku adalah setengah dari tinggi pundak, dan sejajar ketika dilihat dari depan.

Badan :
Atletis, terlihat ringan dan lincah saat bergerak.

Bagian belakang :
Maskulin dan terbentuk dengan baik, kuat dan cukup terangulasi (sedikit bersudut). Posisinya sejajar ketika dilihat dari  belakang.

Kaki :
Sejajar, terlihat kuat, kuku pendek, telapak kuat.

Ekor :
Panjang, ekor naik jika sedang senang, berbulu tebal, tidak melengkung ke atas badan.

Gerakan :
Gerakannya bebas, ringan, dan tidak pernah lelah, dari depan terlihat lurus, Cowhocks / bowhocks merupakan kesalahan yang serius.

Bulu :
Bersusun dua, dengan bagian luar panjang dan bagian dalam pendek, di bagian muka, telinga, kaki,  bulu pendek dan halus.

Warna bulu :
berbagai macam warna diperbolehkan, tapi warna putih tidak boleh sangat dominan.

Ukuran :
Tinggi jantan : 48 -53 cm
Tinggi betina : 46 – 51 cm

Kesalahan :
Setiap kesalahan yang tidak sesuai butir – butir diatas, Gigi tidak menggunting (undershot,overshot).








Dan ini dia 10 top anjing terbaik di dunia, yang dikenal dengan kepintarannya dan anjing border collie masuk ke top pertama lohhh... baca selengkapnya yaaa sobatt ^^

10. Anjing Lembu Australia

Foto Anjing Lembu AustraliaAnjing ini dulu digunakan sebagai gembala untuk menggiring ternak lembu melalui jalan jauh yang bergelombang. Pada abad ke-19 seorang peternak lembu di negara bagian New South Wales, melakukan kawin silang anjing ini dengan jenis aning lain sehingga menghasilkan anjing Halls Heelerdan kemudian berkembang menjadi dua jenis anjing ras modern. Anjing ini mempunyai ukuran menengah dan berbule pendek yang biasanya berwarna coklat atau hitam.
Karakter dan sifat anjing sangatlah unik karena termasuk anjing yang aktif, berpikir cepat dan cenderung mandiri. Anjing ini sangat mudah dilatih jika latihannya menarik dan menantang seperti menggiring ternak lain. Anjing jenis ini sangat patuh atau loyal terhadap tuannya termasuk mempunyai sifat sebagai pelindung keluarga dan harta tuannya.

9. Rottweiler

Karakteristik dan Sifat Anjing RottweilerTermasuk berukuran sedang, anjing asal Jerman ini dulu digunakan untuk menggiring ternak dan menarik keranjang yang berisikan daging sapi dan produk hasil pertanian. Sekarang anjing ini sering digunakan sebagai  hewan pelacak oleh polisi dan militer. Karakter anjing ini adalah percaya diri, cenderung merespon sesuatu dengan diam dan menunggu (wait and see). Anjing ini sangat bagus sebagai anjing keluarga dan penjaga rumah karena mempunyai adaptasi dan kemauan yang keras untuk bekerja.

8. Anjing Papillon

Karakter dan Ciri-Ciri Anjing PapillonAnjing yang berasal dari Perancis ini, dulu hanya dimiliki oleh bangsawan dan kalangan ningrat yang dijadikan hewan hiasan untuk menarik perhatian orang. Anjing ini memang terlihat lucu karena mempunyai kepala berukuran kecil dengan telinga bulat dan besar. Mocongnya termasuk kecil dan sedikit melengkung ke arah hidung dengan mata berwarna gelap dan ekor panjang berburu melengkung keatas.
Anjing yang mempunyai tinggi antara 8 sampai 11 inchi ini termasuk hewan sangat cerdas yang dapat dilatih dengan cepat terutama trik-trik terbaru. Anjing ini dapat bersosialisasi dengan baik dengan anak-anak dan orang asing termasuk dengan anjing jenis lain karena mempunyai karakter atau sifat periang, ramah dan suka bertualang.

7. Labrador Retriever

Karakter atau Sifat Anjing Jenis Labrador RetrieverTermasuk jenis gun dog, anjing ini merupakan salah satu anjing yang dilatih untuk membantu pemburu untuk melacak dan mengutip hasil buruan. Anjing ini terkenal pintar, energetic dan suka bersahabat dengan manusia dewasa dan anak-anak karena mempunyai perilaku dan temperamen yang baik. Anjing ini banyak dikembangbiakkan di negara Australia, Selandia Baru, Inggris Raya, Kanada dan Amerika Serikat.
Anjing ini sekarang sering dilatih untuk membantu menuntun orang buta dan mengidap autis. Selain sebagai anjing untuk terapi kesehatan, Labrador juga sering digunakan membantu aparat hokum untuk melakukan perkerjaan melacak atau mendeteksi sesuatu hal.

6. Anjing gembala Shetland (Shetland Sheepdog)

Karakter atau Sifat Anjing Shetland SheepdogSebagai anjing ras berasal dari Skotlandia, anjing ini termasuk berukuran kecil dan sedang yang mempunyai variasi warna pada bulunya yang lebat sehingga mempunyai penampilan yang lucu. Sifat anjing ini cenderung vokal, energetik, riang dan mau bekerja keras karena memang dulu dikembangbiakkan untuk menggiring dan melindungi sapi. Anjing sangat loyal dan mencintai keluarga tuannya walaupun cenderung galak dengan orang asing. Tapi anjing ini dapat dilatih dengan cepat sejak usia dini terutama untuk melompat dan mengejar sesuatu benda.

5. Anjing Doberman

Harga Anjing Doberman PinscherAnjing asal jerman ini diketahui sebagai hewan yang sangat pintar, berhati-hati dan sangat patuh terhadap tuannya sehingga dulu digunakan sebagai anjing penjaga dan membantu polisi. Anjing berukuran sedang ini sangat atletis yang mempunyai kekuatan dan ketahan fisik yang bagus. Doberman termasuk anjing terpintar di dunia dinilai dari aspek kecepatan belajar, memecahkan masalah dan berkomunikasi dengan manusia. Walaupun demikian, Doberman dianggap sebagai binatang yang agresif dan ganas untuk itu diperlukan latihan lebih lanjut untuk mengikuti perintah manusia.

4. Golden Retriever

Ciri-Ciri Anjing Golden Retriever Yang BaikAnjing ras ini memiliki ukuran cukup lebar dan besar yang dulu digunakan sebagai gun dog atau anjing yang membantu pemburu. Karakter anjing secara alami suka berenang dan bermain di air dan sangat mudah dilatih. Anjing ini mempunyai kecerdasan adaptif dimana pada musim dingin mempunyai bulu sangat lebat dan tebal dan bisa bertualang di luar rumah. Pada musim panas, bulunya akan rontok mengikuti kondisi temperatur lingkungan. Anjing ini memang cocok sebagai binatang peliharaan keluarga karena sifatnya yang cenderung sabar dan ramah terhadap anak-anak dan orang asing. Namun karena sifatnya itu, anjing ini tidak cocok sebagai anjing penjaga.

3. Anjing Gembala Jerman (German Shepherd Dog)

Ciri-Ciri Anjing Herder German ShepherdBerasal dari negara jerman dan termasuk jenis anjing ras baru dan mulai dikenal sejak awal abad ke-19, binatang ini dulunya dilatih untuk menggiring domba. Karena mempunyai kekuatan yang cukup baik, kecerdasan, kepatuhan pada manusia dan mudah dilatih, anjing ini sering digunakan untuk membantu beberapa pekerjaan manusia terutama untuk membantu polisi, militer dan tim SAR. Anjing ini merupakan jenis anjing kedua terpopuler di Amerika Serikat. Kecerdasan anjing ini termasuk diatas rata-rata karena mempunyai kemampuan cepat belajar setelah diajari dengan 5 kali  pengulangan oleh instrukturnya.

2. Anjing Pudel

Ini adalah gambar dari anjing pudel yang mempunyai sifat dan karakter pintar, elegan dan aktif. Anjing ini sangat suka bermain dan berenang di air. Anjing yang berasal dari Jerman ini dikenal smart, aktif dan suka bermain dengan air. Jika dilatih dengan baik anjing ini mempunyai banyak skill dalam beberapa olahraga anjing seperti kepatuhan, keuletan, melacak dan menggiring hewan lain. Karakterisitik anjing ini adalah bulunya yang berwarna keriting dan warna bulunya cenderung putih, hitam dan coklat dengan ekor pendek untuk betina dan panjang untuk ekor.

1. Anjing Border Collie

Sifat Umum Anjing Border CollieAnjing ini dulu dikembangbiakkan sebagai anjing penggiring ternak seperti domba di perbatasan Inggris dan Skotlandia. Anjing ini terkenal pintar, atletis, energetic dan akrobatik sehingga mampu melakukan hampir semua olahraga anjing. Digolongkan sebagai anjing paling pintar di dunia karena mampu mengenal lebih dari seribu kata, hewan ini harus terus dilatih dengan latihan fisik dan stimulasi mental jika tidak anjing cenderung seperti hewan yang mempunyai sakit saraf dan bisa sangat berbahaya bagi anak-anak dan binatang lain.












Fakta Menarik Tentang Anjing

Sebagai binatang peliharaan, anjing memiliki keistimewaan tersendiri bagi setiap pemiliknya. Sifatnya yang setia dan bersahabat, membuat banyak orang tak hanya memilihnya sebagai hewan kesayangan namun juga sahabat setia. Jika Anda salah satunya, Anda perlu tahu beberapa fakta menarik tentang anjing berikut ini:
  • Anjing termasuk binatang pertama yang dipelihara oleh manusia. Anjing sudah dipelihara sejak dari 10,000 tahun yang lalu dan ada lebih dari 200 ras anjing yang berbeda.
  • Hampir semua ras anjing, memiliki lidah berwarna pink, kecuali ras Chow Chow dan Shar-pei, keduanya dengan lidah berwarna hitam.
  • Ada anjing yang tidak menggongong atau menyalak yakni Anjing Trah Basenji.
  • Anak-anak anjing Dalmatian terlahir murni putih polos, spot-spot berwarna hitam muncul dan berkembang seiring dengan mereka dewasa.
  • Keluarga kerajaan China kuno mencintai anjing Pekingese, mereka membawa-bawa anjing itu dengan menyelipkannya di dalam jubah kerajaan.
  • Anjing Greyhound memiliki kecepatan berlari yang luar biasa, mencapai 45 mil/jam (sekitar 72 km/jam) dalam waktu singkat.
  • Ajing memiliki kebiasaan melingkarkan ekornya untuk menutupi hidungnya. Mereka melakukan itu untuk menjaga hidungnya tetap hangat saat cuaca dingin.
  • Laika adalah seekor anjing yang menjadi astronot luar angkasa pertama di dunia. Anjing betina ini dikirim ke luar angkasa di dalam satelit bumi buatan di tahun 1957 oleh pemerintah Rusia.
  • Diantara korban peristiwa Titanic yang bertahan hidup adalah 2 ekor anjing, seekor Pekingese milik Henry Sleeper Harper dan seekor Pomeranian milik Miss Margaret Hays.
  • Mamalia yang memiliki kelenjar prostat hanya ada 2, yaitu manusia dan anjing.
  • Anjing tertua yang pernah hidup berumur 29 tahun.
  • Sebagian besar orang berpikir bahwa anjing berkeringat dengan mengeluarkan air liur, tetapi sebenarnya mereka berkeringat melalui bantalan telapak kakinya.
  • Anjing tidak buta warna tetapi bisa melihat warna. Tetapi skema warna mereka tidak secerah skema warna manusia dan bisa disamakan dengan penglihatan kita pada saat tengah malam.
  • Anjing-anjing mampu mengetahui letak sumber suara dalam 6/100 detik dengan menggunakan telinga mereka yang seperti piringan radar.
  • Anjing memiliki indera penciuman yang merupakan salah satu yang paling tajam di alam. Manusia mungkin mencium sepanci rebusan yang dimasak di atas kompor, tetapi seekor anjing bisa membedakan bau dari setiap bahan-bahan, mulai dari daging itu sendiri sampai dengan kentang.
Sumber : dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar